Kupas Tuntas Garuda Di Dada ku

Minggu, 02 Januari 2011




Newsrel- Meskipun, Piala AFF telah usai tapi semangat dan demam bola masih membahana di seluruh Indonesia. Begitupun yang dirasakan Netral saat ini. Band yang divokalisi Bagus ini melejit seketika, karena sebuah lagunya yang berjudul GARUDA DI DADAKU selalu terdengar dimana- mana. Sebelumnya, lagu ini juga dijadikan sebagai soundtrack film “GARUDA DI DADAKU” yang di sutradarai oleh Ari Sihasale. Namun, ketenarannya belum begitu membahana seperti sekarang ini. Kini, lagu itu dinyanyikan sebagai yel- yel bagi para Suporter timnas Indonesia. Tapi, apakah lagu itu asli ciptaan NETRAL ?. Bagus selaku Vokalis Band Netral, yang sedang mengisi acara di salah satu TV Swasta mengatakan bahwa lagu ini sebenarnya adalah lagu yang telah dimasukkan beberapa yel- yel Suporter sepak bola di Indonesia. Namun, entah mengapa masyarakat menganggap kalau lagu ini adalah lagu kacangan. Terus, apa sebabnya ?
Mungkin saja masyarakat menganggap kalau lagu ini adalah jelmaan dari lagu Apuse, terus lagu ini bersifat komersial. Bukan kah, ada sebuah iklan dari produk makanan yang senada dengan Garuda Di Dadaku ?. Kalau tidak salah, produk makanan SO NICE DAN REAL GOOD. Benar Kan ??. Terus, siapakah yang pertama kali menciptakan lirik dan nada GARUDA DI DADA KU ?

Menurut saya, memang benar lagu Garuda Di Dadaku dan Produk iklan itu adalah penjelmaan dari lagu Apuse. Coba, anda bandingkan dengan lagu Apuse. Apabila kita cermati dengan baik- baik, nada dan suku katanya sama. Kalau saya cermati, jumlah suku kata pada Garuda Di Dadaku berjumlah 7, begitupun dengan Apuse. Sebagai Contoh :

A-PU-SE-KO-KON-DA-O (7)
GA-RU-DA-DI-DA-DA-KU (7)
BER-LA-TIH-LAH-SE-LA-LU (7)

Terus siapa yang menjadi Plagiat karya musik ini ?

Kesimpulannya, Lagu Garuda Di Dadaku dan produk iklan itu MENIRU nada dari lagu APUSE. Tapi, semua itu tidak penting. Hal yang paling utama adalah, Kita menyadari kalau kekayaan budaya bangsa ini harus kita lestarikan agar tidak diakui oleh bangsa lain, seperti MALAYSIA. Tindakan yang dilakukan Netral dan Produk Iklan memang pantas didukung asal jangan jadi Plagiat pengecut. Oke?
Terima kasih, atas kunjungan anda ! Semoga anda senang, akan informasi yang saya berikan.

0 komentar:

Posting Komentar

Desinger by Blogger Template