Peristiwa Chernobyl

Rabu, 16 Maret 2011




Chernobyl adalah kota kecil di Ukraina. Ukraina adalah sebuah negara di kawasan Eropa Timur. Di kota Chernobyl terdapat proyek nuklir milik pemerintah dalam negeri. Proyek Nuklir itu dipergunakan sebagai PLTN atau sebagai alat pertahanan dalam negeri.

Pada tanggal 26 april 1986, badan nuklir di Chernobyl melakukan percobaan pendinginan reaktor 4. Sebelumnya, badan nuklir tersebut telah berhasil mendinginkan reaktor 1. Namun, pada jam 01.23 (waktu Ukraina) terjadi ledakan pada reaktor tersebut. Ledakan itu diperkirakan 400 kali lipat dari bom atom nuklir yang dijatuhkan oleh Amerika Serikat kepada Jepang di Hirosyima dan Nagasaki. Ledakan Chernobyl mengakibatkan asap yang membumbung tinggi ke awan sampai 1500 meter dpl. Selain itu, peristiwa ini disertai radiasi yang sangat panas dan dapat dirasakan di negara-negara tetangga seperti Belarusia dan Rusia. Proyek mereka pun gagal.

Kegagalan proyek mereka dilandasi oleh berbagai faktor diantaranya:
1.desain nuklir yang kurang baik,
2.reaktor tidak memiliki containment atau kung-kuman,
3.kurang menaati prosedur yang berlaku, pihak Chernobyl hanya menjalankan 8 pendingin saja. Padahal, seharusnya sebanyak 30 pendingin di setiap reaktor.
4.Kurang terkordinasinya pihak-pihak yang bekerja di Chernobyl

pemerintah Ukraina langsung memerintahkan kepada semua masyarakat yang dekat dengan kawasan radioaktif untuk mengevakuasi diri. Hal itu karena, apabila terkena radiasi maka korban akan mengalami kanker dan mengalami mutasi genetik.

Dalam jangka pendek, 5 juta jiwa meninggal serta ekosistem di daerah sekitar radioaktif punah. Lebih parah lagi, puluhan juta balita mengalami leukimia dan memiliki daya tahan tubuh yang sangat lemah serta ada yang mengalami mutasi genetik. Mutasi genetik adalah rusaknya kromosom manusia sehingga, korban yang terkena mutasi genetik akan menurunkan sifatnya yang sama persis kepada keturunannya.

Dalam jangka panjang yakni sampai 10 tahun terjadinya Chernobyl mengakibatkan, 60% anak menderita kanker gondok; 10% anak sekolah dasar mengalami kerusakan mental; dan 30% anak mengalami proses penuaan yang cepat.

20 tahun terjadinya Chernobyl mengakibatkan, flora dan fauna di daerah sekitar radioaktif sulit untuk ditemukan. Kalaupun ditemukan pasti, binatang tersebut bercacar dan mempunyai kulit yang kering dan panas.

Itulah dampak yang ditimbulkan dengan adanya proyek nuklir. Tidak hanya dalam jangka pendek namun juga dalam jangka panjang. Maka dari itu, sebelum kita mengadakan proyek nuklir sebaiknya kita menentukan lokasi yang tepat dan tentunya
Mengutamakan pembangunan berwawasan lingkungan.

0 komentar:

Posting Komentar

Desinger by Blogger Template